07 Juni 2006

Pengertian Internet Gratis

Nama : Marah sakti Lubis

Pengertian gratis dalam ber-Inet menggunakan Wireless.

asssalamu'alaikum...

sebelumnya saya minta maaf kalau pertanyaannya tidak berkenan
saya sangat suka sekali berinternet. sekarang saya kuliah di ipb, dan alhamdulillah dengan 50.000 rupiah bisa ngenet gratis selama 1 semester.
tapi ketika pulang kampung aktivitas ngenet saya harus libur dulu karena di tempat saya warnet cuma ada 1 dan biayanya masih 6000/jam.
yang ingin ditanyakan :
1. apa benar dengan antena buatan seperti antena kaleng itu kita bisa nyambung ke internet walaupun tempatnya terpencil?
2. apa benar-benar gratis? gak ada biaya bulanan, dll?
terimakasih atas jawabannya...

wassalam...


Email diatas dikirim kan oleh ulil_data at yahoo dot com


Pernyataan seperti diatas adalah pemahaman awam, yang harus terus menerus kita lurus kan tentang pemahaman ber-Internet "Gratis" menggunakan wireless. Slogan yang selalu diusung oleh seorang Onno W. Purbo dan rekan-rekan IndoWLI tentang Internet Wireless gratis adalah, GRATIS dalam pemanfaatan frekuensi wireless 2.4GHz yang pada masa lalu, kita harus membayar BHP untuk memanfaatkan frekuensi tersebut. Dahulu, perusahaan, kantor, warnet atau apapun yang menggunakan jaringan wireless, harus membayar ratusan ribu hingga puluhan juta untuk satu link saja, tergantung bagaimana kita menghadapi tim balmon. Ya, lagu nya Iwan Falls " Tawar menawar harga pas tancap gas" memang berlaku pada saat itu.
Namun, setelah perjuangan yang tidak kenal lelah, akhir nya pemerintah nyerah juga menghadapi orang-orang IndoWLI terutama sang Onno W. Purbo dan membebaskan frekuensi 2.4GHz untuk dipakai oleh seluruh rakyat Indonesia dengan sebebas-bebas nya, namun masih dengan aturan-aturan yang melekat didalam nya, seperti pemanfaatan Power sampai dengan 100mW, atau total pancaran sebesar 36dBm. Hanya disitulah pengertian gratis dalam ber-Internet menggunakan wireless.

Meskipun frekuensi sudah gratis, namun Bandwidth yang kita gunakan untuk Internet harus tetap kita beli. Memang, bandwidth saat ini cukup mahal, apalagi bandwidth Internasional, ini karena Indonesia belum memiliki gateway sendiri di Indonesia. Namun berita dari Menkominfo, kabarnya kita akan langsung menarik kabel ke Hongkong atau Malaysia, atau juga dengan menggunakan jasa satelit. Menurut Onno, satu-satu nya cara agar bandwidth murah, adalah dengan memperbanyak jumlah pengguna Internet di Indonesia. Secara hukum dagang, semakin banyak permintaan, maka semakin murah barang tersebut.

Jadi inti dari jawaban pertanyaan diatas adalah, yang gratis adalah frekuensi penggunaan wireless, namun Internet / bandwidth, kita harus membelinya, bisa dari Warnet, ISP, Telkom, Indosat dan lainnya.

2 komentar:

w3hol mengatakan...

jadi internet gratis itu ...
baru mudeng aku ...
=======================
http://w3hol.wordpress.com

Anonim mengatakan...

maf mas komenx g' sesuai,cuma mw nawarin cara terbebas dari belenggu pulsa yg slalu merepotkan kita sehari2,isi pulsa jdi mudah,tinggal sms pulsa langsung terisi,dpet bonus lgi,bagi mas ato embak2 yg udah berkunjung diblog yg kaya ilmu ini yg bermintat Untuk mengetahui carax..!KLIK JA DISINIMAKASI...!