27 Agustus 2006

Cara VOIP di EZ (IAX)

Nama : Marah Sakti Lubis

Jika X-Lite (SIP) dalam beberapa kasus menemukan masalah dalam menghadapi NAT, maka IAX tidak demikian. Saya belum pernah gagal melakukan panggilan dengan menggunakan IAX, sekali pun melakukan panggilan ke user yang menggunakan koneksi Telkomnyet.
Dari sisi tampilan, IAX jauh lebih sederhana dibandingakan X-Lite, lihat saja gambar berikut;

Sebelum nya..., Anda dapat mendownload file nya di;
http://www.iaxtalk.com/
atau
http://soft.ez.net.id/pub/Aplikasi/VOIP/iaxLite_setup.exe

Setelah diinstall, jalan kan program dari Starmenu. Jika pertama kali menginstall, maka kota dialog seperti yang ada di bawah ini akan muncul. Namun jika Anda mau mengedit-edit yang sudah ada, klik tombol "Set" yang ada di sudut kanan bawah seperti gambar diatas.

Jika Anda mengaktifkan Firewall di Windows Anda, jawab Yes jika Windows menanyakan hak akses untuk aplikasi ini, atau set secara manual. bagaimana cara nge-set Firewall di Windows??? mana aku tahu.., make Windows aja jarang :D.

Untuk menggunakan IAX, kita hanya memerlukan tiga data yaitu Server Address, Account Code (Username) dan Password. Dengan demikian, data-data yang diperlukan untuk mengakses IAX adalah sama dengan data-data untuk menggunakan X-Lite.
Seperti pada X-Lite, di IAX voip.ez.net.id saya juga menyediakan 4 login yang dapat Anda gunakan secara bebas. Account tersebut yaitu;
Account Code : 5220, 5221, 5222 dan 5223
Password : 12345
Server Address : voip.ez.net.id

Klik Ok untuk menutup kotak dialog dan melakukan panggilan dengan rekan Anda dibelahan dunia manapun dengan gratis.

Mungkin Anda bilang.., ngapain makai ini..??? toh udah ada Skype, Yahoo Messenger dll.
Jawaban sederhana saya..., saya bisa buat server seperti sekelas Yahoo atau Skype. :)

Sekedar informasi saja.., jika Anda sudah punya atau ingin melakukan panggilan ke rekan-rekan yang ada di voiprakyat.or.id maka Anda dapat melakukan panggilan dengan menggunakan Prefix 0211. Contoh, jika Anda ingin memanggil Account Saya yang divoiprakyat, maka Anda dapat mendial 021126080 (karena nomor saya di voiprakyat adalah 26080).
Sebaliknya, jika dari voiprakyat.or.id anda ingin melakukan panggilan ke nomor-nomor voip yang ada di voip.ez.net.id, maka anda HARUS menggunakan prefix 0219. Ini karena pak Anton Rahardja memberikan prefix 0219 untuk voip.ez.net.id. Contoh, jika Anda ingin memanggil nomor VoIP saya yang di voip.ez.net.id dari voiprakyat.or.id, maka anda harus mendial 02194020 (karena nomor voip saya di voip.ez.net.id adalah 4020).

Semoga bermanfaat bagi Bangsa dan Negara ini (paling tidak untuk saya pribadi).

Tidak ada komentar: